7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

7 cara menghilangkan pikiran negatif

Berpikir negatif itu kadang nggak disadari datang sendiri kepada kita. Ada satu hal kecil, yang kita rasa nggak sesuai dengan kepercayaan kita, mengecewakan, langsung rasanya mak nyeessssss deh mau ngomel, sebel sama orang nya. Nggak sadar kalau kita sudah dikuasai oleh pikiran negatif.

Ketika pertama pikiran negatif muncul, biasanya kita akan berusaha untuk menghilangkan pikiran tersebut. Tapi seringkali malah nggak berhasil.

Naaah aku nemu niiih disadur dari beberapa sumber, ada 7 cara untuk menghilangkan pikiran negatif. Patut dicoba, supaya pikiran kita itu terbiasa untuk berpikiran positif. Kalau kita biasa berpikiran positif, pasti kita mendapatkan hal yang positif juga.

Mengubah Bahasa Tubuh

Coba deh perhatikan bahasa tubuh kita. Sering membungkuk dengan sikap tertutup (seperti melipat tangan, bertopang dagu)? Atau lebih sering mengerutkan kening ketimbang tersenyum? Seringan duduk malas-malasan ketimbang duduk tegak?

Katanya niih orang yang demikian akan lebih mudah berpikiran negatif looh. Coba yuk perbaiki sikap tubuh kita. Perbanyak senyum, duduk tegak, berjalan, bergerak. Tubuh yang banyak bergerak, aliran darah lancar juga ke seluruh tubuh, membuat otak juga lebih encer dan lebih mudah berpikiran positif :)

BIasa Berkomunikasi, diskusi

Saat menemui sebuah masalah, jangan suka berasumsi sendiri. BIasakan untuk bertanya, berdiskusi ketimbang pundung sendirian di pojokan, yang akhirnya cuma berkutat sama pikiran negatif dalam otak kita.

Luangkan 1 menit untuk menenangkan pikiran.

Kalau pas lagi ketemu masalah yang bisa bikin pikiran negatif, coba berhenti sejenak. Pejamkan mata, napas teratur dan biarkan energi positif terasa masuk dalam pikiran kita. Salah satu cara meditasi ini akan membuat kita lebih bijak dan tenang sebelum kita terhanyut dalam perasaan negatif. Anggap seperti Me-restart gadget kita. Jadi mulai lagi dari nol, untuk diisi dengan hal hal yang positif.

Mengubah kalimat berpikir kita

Kadang pikiran negatif adalah hasil dari cara pandang yang kurang baik. Coba lihat dari sudut pandang orang lain.

Misalnya:

“Aku gak bisa dan susah banget buat bisa”

coba diganti jadi:

“Aku belum bisa, aku pasti bisa, dan aku harus sabar mencoba sampai aku bisa”

Ini ngaruh banget loh. Juga ngaruh buat berkomunikasi dengan orang lain juga. Jadi lebih memotivasi dan lebih positif kaan

Jadilah Kreatif

Ketika mulai berpikiran negatif, coba netralisir dengan mengerjakan pekerjaan kreatif.
Sekarang ada terapi mewarnai untuk menghilangkan stress. naaah bisa dicoba.

Atau melihat website design yang bagus dan cantik, tutorial makeup, dan explore supaya pikiran kita diisi dengan hal positif

Jalan jalan

Naah kalau ini aku juga sukaa

Ada anggapan “Kurang piknik” itu benar adanya looh. Orang yang kurang piknik biasanya cenderung sering berpikiran negatif.

Work Hard, Play Hard

Kerja keras, liburan juga harus seriuss

Bersyukur

Berpikiran negatif, bisa berarti juga lupa pada hal hal baik yang kita miliki. Coba biasakan membuat jurnal bersyukur. Tuliskan 1 hal setiap hari yang membuat kita bersyukur. Saat kita sedang dihinggapi pikiran negatif, buru buru buka jurnal bersyukur kita. Dan lihat begitu banyak hal yang bisa disyukuri setiap hari

Semoga bergunaa :)