Mengurus Perpanjangan Paspor Cara Baru

passport-indonesia
Sumber: Website imigrasi

Awal tahun ini, periksa paspor saya, suami dan anak-anak, ternyata paspor si bungsu (usia 5 tahun) hampir habis masa berlakunya. Berhubung ada rencana akan travelling, jadi kami harus memperpanjang paspornya.

Mengingat proses perpanjangan paspor secara offline yang cukup panjang, dan agar si anak juga tidak terlalu lelah, kami coba browsing tentang bagaimana memasukkan data perpanjangan paspor secara online.

Ternyata, prosesnya cukup mudah dan tidak memakan waktu cukup lama untuk memperpanjang paspor si adek :)

Caranya…

Siapkan dulu semua berkas yang diperlukan. Adapun berkas yang diperlukan adalah:

  • KTP
  • Paspor Lama (kalau ada)
  • Akte/Ijazah/Surat Nikah
  • Kartu Keluarga

Karena si adek belum punya KTP, maka yang disiapkan adalah KTP orang tua nya, dan surat keterangan orang tua yang mengijinkan anaknya untuk membuat paspor guna bepergian ke luar negeri.

Untuk disubmit secara online, semua dokumen tersebut harus di scan dalam bentuk jpg dan ukuran maksimal nya adalah antara 100 kb – 1mb. Kebetulan pas coba upload di rumah masih mendekati 1MB, lalu dicoba lagi oleh Papa nya di ukuran sekitar 200kb per dokumen, dan berhasil di upload.

Oh ya, untuk pengisian data nya bisa langsung masuk ke sini┬ádan klik di “Layanan Publik” – Layanan Paspor online

Isi semua data, dan upload dokumen-dokumen yang diperlukan.

Setelah data dan upload selesai, akan keluar halaman konfirmasi yang sekaligus berupa tanda bayar untuk nanti kita bayarkan. Juga kita akan menerima email yang berisi konfirmasi bahwa pendaftaran kita sudah diterima, dan akan ada attachment bukti bayar.

Konfirmasi Paspor

 

 

 

 

 

ResiBayarPaspor

Bukti Bayar ini nanti harus dibawa ke Bank BNI dan melakukan pembayaran di Bank BNI.

Di dalam bukti bayar tersebut juga sudah ada jadwal kapan kita harus datang ke kantor imigrasi untuk foto. Dan sudah ada jam nya. Apabila kita dalam 7 hari setelah tanggal yang ditentukan tidak datang ke kantor imigrasi, pambayaran yang kita lakukan dianggap hangus dan harus mendaftar ulang lagi.

Naaah kami datang di tanggal yang ditentukan, sambil membawa semua berkas asli dokumen yang sudah diupload, plus tambahan membawa KTP ayah – ibu dan surat keterangan dari orang tua.

Proses fotonya cepat, kurang dari 3 jam sudah selesai. Padahal itu udah ketambahan kami kelupaan bawa KTP saya, dan print surat keterangan segala :)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *